Kamis, 15 Juli 2010

instrumen B

INSTRUMEN B


Distribusi Pasien Berdasarkan Tingkat Pendidikan dan Pekerjaan
Di Ruang Mentari RS. Mandiri 24 Desember 2008

No Jenis Pendidikan Jumlah % Jenis Pekerjaan Jumlah %
1 SD 3 23,07 PNS 2 15,38
2 SLTP 4 30,76 ABRI/POLRI 2 15,38
3 SLTA 4 30,76 Swasta 6 46,15
4 Perguruan Tinggi 2 15,38 Lain-lain 3 23,07
Total 13 100 13 100
Prosentase (%) 100 100


Data Hari Perawatan Pasien
Di Ruang Mentari RS. Mandiri 24 Desember 2008

No Lamanya dirawat (hari) Jumlah Prosentase (%)
1. 3 – 7 hari 8 61,54
2. > 7 hari 5 38,46
Total 13 100




Persepsi pasien terhadap Mutu Asuhan Keperawatan
Di Ruang Mentari RS Mandiri 24 Desember 2008

No. Kriteria Ya Tidak TS
N % N % N %
1 Apakah perawat selalu memperkenalkan diri 9 69% 4 31%
2 Apakah perawat melarang anda/ pengunjung merokok di ruangan 10 76% 3 24%
3 Apakah perawat selalu menanyakan bagaiman nafsu makan Anda/Keluarga 10 76% 3 24%
4 Apakah Perawat menyakan pantangan dalam hal makanan Anda/Keluarga 9 69% 4 31%
5 Apakah perawat menayakan / memperhatikan berapa jumlah makanan dan minuman yang biasa Anda&keluarga anda habiskan 8 62% 5 38%
6 Apabila anda/keluarga tidak mampu makan sendiri apakah perawat membantu menyuapinya 7 54% 6 46%
7 Pada saat Anda/keluarga anda dipasang infus, apakah perawat selalu mmeriksacairan atau infusnya dsan area sepanjang pemasangannya 5 38% 4 31% 4 31%
8 Apabila Anda/Keluarga Anda mengalami kesulitan buang air besar apakah perawat menganjurkan makan buah-buahan, sayuran, minum yang cukup, banyak bergerak 8 62% 3 24% 2 14%
9 Pada saat perawat membantu Anda/Keluarga Anda membuang air besar-buang air kecil, apakah perawat memasang sampiran/selimut, menutup pintu jendela, mempersilahkan pengunjung keluar ruangan 10 76% 0 0 3 24%
10 Apakah ruangan tidur Anda/Keluarga Anda selalu dijaga kebersihannya dengan disapu dan dipel setiap hari 11 86% 2 14%
11 Apakah lantai kamar mandi/WC selalu bersih, tidak licin, tidak berbau dan cukup terang 10 76% 3 24%
12 Selama Anda/keluarga anda belum mandi (dalam keadaan istirahat total) 10 76% 3 24%
13 Apakah Anda/keluarga Anda dibantu jika tidak mampu menggosok gigi, membersihkan mulut atau mengganti pakaian atau menyisir rambut 10 76% 3 24%
14 Apakah alat-alat tenun seperti sprei, selimut ddll, diganti setiap kotor 9 69% 4 31%
15 Apakah perawat pernah memberikan penjelasan akibat dari: kurang gerak, berbaring terlalu lama 9 69% 4 31%
16 Pada saat Anda/Keluarga anda masuk rumah sakit apakah perawat memberikan penjelasan tentang fasilitas yang tersedia dan cara penggunaanya, peraturan, tata tertib yang berlaku di rumah sakit 10 76% 3 24%
17 Selama Anda/Keluarga Anda dalam Perawatan apakah perawat memanggil nama dengan benar 11 86% 2 14%
18 Selama Anda/Kluerga anda dalam perawatan apakah perawat mengawasi keadaan anda secara teratur pada pagi, sore maupun pada malam hari 11 86% 2 14%
19 Selama Anda/Keluarga Anda dalam perawat segera memberi bantuan bila diperlukan 10 76% 3 24%
20 Apakah perawat bersikap sopan, ramah 10 76% 3 24%
21 Apakah anda/keluarga anda mengetahui perawat yang bertanggung jawab setiap kali pergantian dinas 8 62% 5 38%
22 Apakah perawat selalu memberi penjelasan sebelum memberikan tindakan perawatan/pengobatan 9 69% 4 31%
23 Apakah perawat selalu bersedia mendengarkan dan memperhatikan setiap keluhan anda/keluarga 9 69% 4 31%
24 Dalam hal memberikan obat pasien perawat membantu menyiapkan/ meminum obat 10 76% 3 24%
25 Selama pasien dirawat apakah diberikan penjelasan tentang perawatan/ pengobatan pemeriksaan lanjutan setelah pasien diperbolehkan pulang 9
69% 4 31%
Jumlah 232 84 9
Nilai = Ya x 100 %
Ya + Tidak
232/325 72% 84/ 325 26%


Kesan & Saran :
- Perawat ramah-ramah
- Perawat cekatan
- Perawatnya cantik-cantik
- Perawat mudah untuk memberikan bantuan
- Dokter dan perawatnya sangat dekat dengan pasien
- Puas dengan perawatan
- Dokter tidak pakai jas dokter
- Kamar mandi kadang-kadang tidak bersih
- Tempat parkir kurang nyaman
- Jam kunjung dokter tidak tepat waktu
- Ruang vip kurang banyak, pesan harus antri 4 hari
- Satpamnya galak-galak
- Cleaning service cekatan dan bersih
- Pramusaji kurang ramah
- Santunan rohaninya kurang
- Jam besuk tidak ditepati, mau istirahat tidak bisa
- Tamannya kurang, jadi kelihatan gersang
- Kamar mandinya kurang banyak
- Ada 1 perawat yang judes
- Makanannya tidak ada rasanya
- Ruang tunggu kurang nyaman
- Satpam tidak teliti, ada yang kehilangan barang
- Mau parkir susah, kurang luas
- Customer service ramah

Tidak ada komentar: