BAHASA INDONESIA
PETUNJUK UMUM:
1. Dahulukan menulis nama dan nomor peserta pada lembar jawaban.
2. Semua jawaban dikerjakan pada lembar jawaban yang tersedia.
3. Baca dengan teliti setiap soal sebelum anda menjawabnya.
4. Dahulukan menjawab soal-soal yang anda anggap mudah.
5. Bekerjalah dengan cermat
6. Selamat Bekerja!
PETUNJUK KHUSUS
:
Silanglah salah satu huruf di depan jawaban yang paling tepat!
1. Berbagai s uku bangsa yang berbeda dapat saling berk omunikasi dengan satu bahasa yang
dapat dipahami bers ama yaitu bahasa Indonesia, tanpa menghilangk an identitas kesukuan dan
kesetiaannya pada nilai-nilai sosial budaya serta bahasa daerahnya.
Pernyataan di atas menyatakan fungsi bahasa Indonesia sebagai…
A. Lambang kebanggaan kebangsaaan
B. Lambang identitas nasional
C. Alat pemersatu berbagai suku bangsa
D. Alat perhubungan antardaerah dan antarbudaya
JAWAB: C
2. Di s amping bendera dan Negara Indonesia yang kita junjng tinggi sebagai bagian dari identitas
RI, bahasa Indonesia pun merupakan unsure identitas bangsa yang harus dijunjung tinggi pula.
Pernyataan di atas menyatakan fungsi bahasa Indonesia sebagai…
A. Lambang kebanggaan kebangsaan
B. Lambang identitas nasional
C. Alat pemersatu berbagai suku bangsa
D. Alat perhubungan antardaerah dan antarbudaya
JAWAB: B
3. Pada upacara-upacara resmi seperti memperingati hari ulang tahun kemerdekaan, Pembina
upacara berpidato dengan menggunak an bahas a Indoneisa.
Pernyataan di atas menunjukkan fungsi bahasa Indonesia sebagai…
A. Bahasa resmi kenegaraan
B. Bahasa pengantar dalam dunia pendidikan
C. Alat kepentingan pembangunan nasional
D. Alat pengembangan k ebudayaan
JAWAB: A
4. Yang dimak sud dengan k egiatan surat-menyurat, yaitu…
A. Kegiatan berkomunikasi dengan alat syrat
B. Kegiatan berkomunikasi dengan alat telegram
C. Kegiatan berkomunikasi dengan alat faksimile
D. Kegiatan berkomunikasi dengan alat telepon
JAWAB: A
5. Penyajian buku pelajaran, penulisan buku atau penerjemahan, dilakukan dalam bahasa
Indonesia.
Pernyataan di atas menunjukkan fungsi bahasa Indonesia sebagai…
A. Bahasa resmi kenegaraan
B. Bahasa pengantar dalam dunia pendidikan
C. Alat kepentingan pembangunan nasikonal
D. Alat pengembangan k ebudayaan
JAWAB: D
6. Semua pernyataan di bawah ini merupak an fungsi surat, kecuali…
A. Alat/sarana komunikasi tertulis
B. Buk ti tertulis yang mempunyai k ekuatan hukum
C. Buk ti historis
D. Duta masyarak at
JAWAB: D
7. Ak ta jual beli, surat wasiat, surat perjanjian, dsb, menduduk i fungsi-fungsi sebagai berik ut,
kecuali…
A. Buk ti sarana komunikasi tertulis
B. Buk ti tertulis yang mempunyai huk um tetap
C. Buk ti histori
D. Buk ti pedoman kerja lembaga
JAWAB: D
8. Isi s urat harus dinyatak an secara ringkas, jelas dan eksplisit, agar…
A. Penerima dapat memahami isinya dengan tepat dan cepat
B. Penerima tertarik dengan surat tersebut
C. Penerima ingin cepat membalasnya
D. Penerima merasa senang
JAWAB: A
9. Yang dimak sud dengan eksplisit pada pernyataan nomor 8, ialah…
A. Tidak tercantum tetapi jelas maksudnya
B. Terc antum dan jelas maksudnya
C. Terc antum tetapi tidak jelas nak sudnya
D. Tidak tercantum dan tidak jelas maks udnya
JAWAB: B
10. Bahasa Indonesia yang baku tidak digunak an dalam…
A. Surat resmi
B. Surat keputusan
C. Surat pribadi
D. Surat lamaran kerja
JAWAB: C
11. Penulis an tanggal surat yang benar adalah…
A. Jakarta, 24-11-2004
B. Jakarta, 24 November 2004.
C. Jakarta, 24-November 2004
D. Jakarta, 24 November 2004
JAWAB: D
12. Penulis an alamat surat yang benar adalah…
A. Yth. Kepala SMU BPI 3
Jalan Burangrang 8
BANDUNG
B. Yth. Sdr. Kepala SMU BPI 3
Jalan Burangrang 8
Bandung
C. Yth. Sdr. Kepala SMU BPI 3
Jalan Burangrang 8
B a n d u n g
D. Yth. Bapak Kepala SMU BPI 3
Jalan Burangrang 8,
Bandung.
JAWAB: C
13. Penulis an perihal surat yang benar adalah…
A. Perihal: Permohonan Bantuan Tenaga Pengajar Bahasa Indonesia dan Sejarah.
B. Perihal: Permohonan bantuan tenaga pengajar bahasa Indonesia dan Sejarah.
C. Perihal: Permohonan bantuan tenaga pengajar bahasa Indonesia dan sejarah
D. Perihal: Permohonan Bantuan Tenaga Pengajar Bahasa Indonesia dan Sejarah
JAWAB: D
14. Penulis an salam pembuk a yang benar adalah…
A. Dengan Hormat
B. Dengan hormat,
C. Dengan hormat
D. Dengan Hormat,
JAWAB: B
15. Bentuk yang benar dari pernyataan berikut adalah…
A. Surat saudara kami sudah terima dengan baik.
B. Surat Saudara kami sudah terima dengan baik .
C. Surat Saudara sudah kami terima dengan baik .
D. Surat saudara sudah kami terima dengan baik.
JAWAB: C
16. Penulis an nama gelar yang benar adalah…
A. Prof. Dr. Surya Sumantri SH
B. Prof. Dr. Surya Sumantri, SH.
C. Prof Dr Surya Sumantri S.H.
D. Prof. Dr. Surya Sumantri, S.H.
JAWAB: B
17. Penulis an NIP yang benar adalah…
A. NOP: 090 004 105
B. NIP 090004105
C. NIP. 090 004 105
D. NIP. 09004105
JAWAB: B
18. Pernyataan yang benar adalah…
A. Dengan ini kami beritahukan kepada Saudara bahwa Ujian Dinas TK.II akan
diselenggarak an dari tangga 24 s.d. 26 November 2004.
B. Dengan ini kami beritahukan kepada Saudara bahwa Ujian dinas TK.II akan
diselenggarak an dari tangga 24 s.d. 26 November 2004.
C. Dengan ini kami beritahukan kepada saudara bahwa ujian dinas TK.II akan
diselenggarak an dari tangga 24 s.d. 26 November 2004.
D. Dengan ini kami beritahukan kepada saudara bahwa Ujian Dinas TK.II akan
diselenggarak an dari tangga 24 s.d. 26 November 2004.
JAWAB: A
19. Ucapan terima kasih yang benar adalah…
A. Kami menghaturkan terima kasih atas kehadirannya.
B. Kami mengucapk an terima kasih atas kehadirannya.
C. Kami mengucapk an terima kasih atas kehadiran Saudara.
D. Kami menghaturkan terima kasih atas kehadiran Saudara.
JAWAB: B
20 Contoh kalimat efektif di bawah ini adalah…
A. Saudara tinggal membubuhkan tanda tangan pada surat tersebut.
B. Saudara tinggal mencantumkan tanda tangan pada surat tersebut.
C. Saudara tinggal menandatangani surat tersebut.
D. Saudara tinggal menandatangank an surat tersebut.
JAWAB: C
21. Contoh kelompok k ata yang efektif ialah…
A. Menjelaskan mengenai masalah itu
B. Menjelaskan daripada masalah itu
C. Menjelaskan sehubungan masalah itu
D. Menjelaskan masalah itu
JAWAB: D
22. Contoh penulisan kelompok kata yang benar…
A. Dari pada
B. Menindaklanjuti
C. Menanda tangani
D. Bertandatangan
JAWAB: B
23. Penulis an kata yang baku terdapat dalam kalimat…
A. Kami sudh mengetrapkan peraturan itu sebagaimana mestinya.
B. Kami sudah menterapkan peraturan iru sebagaimana mestinya.
C. Kami sudah menerapkan peraturan iru sebagaimana mestinya.
D. Kami sudah mentrapk an peraturan iru sebagaimana mestinya.
JAWAB: C
24. Bentuk yang benar…
A. Sebagai bahan pertimbangan Bapak , bersama ini saya lampirkan…
B. Sebagai bahan pertimbangan Bapak , dengan ini saya lampirkan…
C. Sebagai bahan pertimbangan Bapak , bersama ini s aya s ertakan…
D. Sebagai bahan pertimbangan Bapak , dengan ini saya sertakan…
JAWAB: B
25. Penulis an tembusan yang disarankan…
A. Tembusan:
Disampaikan kepada Yth.:
1. Kepala kanwil Departemen Pendidikan Nas ional Proponsi Jawa Barat;
2. Pertinggal.
B. Tembusan:
1. Bapak Kepala kanwil Departemen Pendidikan Nasional Proponsi Jawa Barat;
2. Pertinggal.
C. Tembusan:
1. Yth. Bapak Kepala kanwil Departemen Pendidikan Nasional Proponsi Jawa Barat.;
2. Pertinggal.
D. Tembusan:
1. Kepala kanwil Departemen Pendidikan Nas ional Proponsi Jawa Barat.;
2. Pertinggal.
JAWAB: C
26. Penulis an nomor surat yang benar,…
A. Nomor: 866/Kanwil/TU/Kp.01.02/VII/04
B. Nomor: 866/Kanwil/TU/Kp.01.02/VII/04.
C. Nomor: 866/Kanwil/TU/Kp.01.02/VII/2004
D. Nomor: 866/Kanwil/TU/Kp.01.02/VII/2004.
JAWAB: C
27. Penutup surat resmi yang benar aladah…
A. Demikian agar menjadi maklum, atas perhatian serta kerjasamannya k ami haturkan terima
k asih.
B. Demikian agar menjadi mak lum, atas perhatian serta kerja samanya k ami ucapkan terim
akasih.
C. Demikian agar menjadi maklum, atas perhatian serta kerja sama Saudara kami ucapk an
terima kas ih.
D. Demikian agar menjadi maklum, atas perhatian Saudara kami ucapkan terima kasih.
JAWAB: D
28. Semua kata bergaris bawah pada kalimat di bawah ini penulisannya benar, kecuali…
A. Sebaiknya Saudara tidak merubah k etentuan tersebut secara sepihak.
B. Kami sudah berani memfokuskan perhatian kami pada masalah itu.
C. Karyawan yang tidak menaati peraturan sebaiknya ditindak.
D. Karyawan yang terampil merupakan asset perusahaan.
JAWAB: A
29. Bahasa surat harus efektif, artinya bahwa bahasa surat harus memenuhi pers yaratan berikut ini,
kecuali…
A. Sederhana/wajar
B. Ringkas
C. Imajinatif
D. Sopan
JAWAB: C
30. Contoh kalimat yang ringkas…
A. Usulan Saudara sudah mendapat pers etujuan dari atas an.
B. Kami harap saudara tetap mengawas i pengerjaan bangunan itu.
C. Mesin yang rusak itu sedang diadakan perbaikan.
D. Saudara diminta untuk memberikan balasan secepatnya.
JAWAB: A
BAHASA INGGRIS
. The inc rease in the sales of new cars ……. Expected to make traffic jams worse.
A. Is
B. Are
C. Be
D. Being
JAWAB: A
2. Little children are usually afraid of …….. by their mother.
A. Left
B. To leave
C. Leaving
D. Been left
JAWAB: C
3. “ When did you realize you had lost your purse “ “ When I … ,one to pay the conductor”
A. Was needing
B. Had needed
C. Have needing
D. Am needing
JAWAB: B
4. ‘Why didn’t Didi wan to go home?’ ‘ His mother …… him for causing the car acc ident’
A. would blame
B. has blamed
C. is blaming
D. had blamed
JAWAB: D
5. The way professor Mattis teaches English not only keeps the student’ interest…….
A. And also increases their motivation
B. But also increasing their motivation
C. And he also increases their motivation
D. But also increases their motivation
JAWAB: D
6. The thief ……… into the room through this window because there are footprint near the door.
A. Was to get
B. My get
C. Would rather get
D. Must have got
JAWAB: D
7. He told me a lot about the Philippines. He … .. there for a long time.
A. Must have lived
B. Might be living
C. Ought to have lived
D. Should be living
JAWAB: A
8. Your son will be operated on tomorrow morning. He … have a good rest tonight’ the doctor said.
A. Might
B. May
C. Can
D. Must
JAWAB: D
9. Hav ing given the prescription to the patient…
A. The medicine was taken regularly by the patient
B. The doctor told the patient to take the medicine regularly
C. The medicine had to be taken regularly by the patient
D. The patient was told to take the medicine regularly
JAWAB: B
10. ………. A few million rupiahs, he went on a four to Europe.
A. Saved
B. Has saved
C. He has saved
D. Having saved
JAWAB: D
11. The fact that he was put into prison for something that he had not done made his wife…
A. Cry
B. To be crying
C. Cried
D. To cry
JAWAB: A
12. ‘Andi, will you slose the windows, please. I’m busy right now’. I’m busy my self, but I
………anyhow.
A. Will close them
B. Will have to close them
C. Will have them closed
D. Will ask you to c lose them
JAWAB: C
13. We are going on a long trip, so we must…
A. Have check ed the car
B. Have had the c ar checked
C. To have the car checked
D. Have the car checked
JAWAB: D
14. The company’s new product was …….. adv ertised on TV.
A. Nation
B. National
C. Nationally
D. Nationalize
JAWAB: C
15. The original …….. manuscript to the play is on display in the museum.
A. Written by hand
B. Writing hand
C. Hand written
D. Hand writing
JAWAB: D
SEJARAH NASIONAL INDONESIA
1. Tanam pak sa yang diterapkan pemerintah colonial Belanda pada abad ke-19 di Indonesia
merupakan perwujudan dari…
A. Dehumanisasi mas yarakat Jawa
B. Bek erjasama dengan Belanda
C. Kes omboingan Belanda
D. Pola perdagangan VOC
JAWAB: A
2. Penyebab utama terjadinya Perang Paderi 1821-1837 di Sumatera Barat ialah…
A. Persoalan warisan
B. Sengketa tanah
C. Keyakinan beragama
D. Persoalan adat
JAWAB: D
3. Ak ar konflik yang melibatkan Negara-negara besar pada Perang Aceh 1873-1904 adalah…
A. Politik-budaya
B. Politik-s osial
C. Soc ial-ek onomi
D. Soc ial-budaya
JAWAB: D
4. Loyalitas tertinggi setiap orang yang diberikan kepada Negara merupakan pencerminan dari
ideology yang dinamakan…
A. Otoriterisme
B. Sos ialisme
C. Marxisme
D. Nasionalisme
JAWAB: D
5. Perjuangan pergerakan Budi Utomo dimaksudkan dalam rangka mewujudkan…
A. Cita-cita kebangsaan
B. Cita0cita kaum intelektual
C. Penghapusan kebodohan
D. Penghapusan feodalisme
JAWAB: A
6. Perjuang Serikat Islam merupakan pergerakan…
A. Agama
B. Dagang
C. Soc ial
D. Nasional
JAWAB: A
7. Piagam Jak arta yang mempunyai arti penting bagi sejarah konstitusi Negara Republik Indonsia,
setelah mengalami perubahan dijadikan pembuatan Undang-undang Dasar 1945. kebolehan elit
politik Islam ini berkaitan hal-hal berikut, kecuali…
A. Semangat juang yang kmurang
B. Semangat toleransi yang berlebihan
C. Semangat kebangsaan yang k eliru
D. Persepsi yang berbeda terhadap hakik at Islam
JAWAB: D
8. Proklamasi kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945 dilaksanakan atas dasar…
A. Hadiah Jepang
B. Kes epakatan sekutu tentang Indonesia
C. Realisasi Sumpah Pemuda 1928
D. Kebulatan tek ad founding fathers
JAWAB: D
9. Perjanjian Renville, Perjanjian Linggarjati, dan Konferensi Meja Bundar, merupakan hasil…
A. Kemenangan politik Indonesia
B. Gencatan senjata
C. Perjuangan diplomasi
D. Kemenangan peperangan Indonesia
JAWAB: C
10. Untuk mempertahank an penjajahannya di Indonesia, Belanda melakukan dua k ali gerak an yang
dihadapi Indonesia melalui…
A. Abitrasi Negara ketiga
B. Gencatan senjata
C. Perundingan antar bangs a
D. Perjuangan diplomasi
JAWAB: A
11. Konferensi Meja Bundar yang diadakan akhir tahun 1949 merupakan perjanjian tentang…
A. Gencatan senjata antaa Indonesia – Belanda
B. Hubungan bilateral antara Indonesia – Belanda
C. Pak ta pertahanan bersama antara Indonesia – Belanda
D. Pengangkatan kedaulatan RI oleh Belanda
JAWAB: D
12. Dari tinjauan histories kelahiran Orde Baru merupakan upaya pemerintah menegakkan
pemerintahan yang bersifat…
A. Feudal militeris tis
B. Diktaktor militeristis
C. Feodal oligarkis
D. Demokratis Pancasilais
JAWAB: D
13. Belanda mendirikan kongsi dagang (VOC) di Indonesia adalah dalam rangka memenangkan
konflik yang terjadi di Eropa antara Belanda dengan…
A. Jerman
B. Spanyol
C. Portugis
D. Inggris
JAWAB: D
14. Factor-faktor yang memungkinkan terjadinya dominasi politik dan ekonomi VOC di Indonesia
adalah factor-faktor berikut, kecuali…
A. Konflik-konflik berbagai penguasa loikal di Indonesia
B. Strategi dagang Belanda yang lebih unggul daripada pedagang local
C. Terjadinya kerjas ama antara Belanda dengan penguasa local melalui berbagai cara
D. Simpati pedagang local terhadap Belanda
JAWAB: D
15. VOC berhasil menguasai berbagai wilayah di luar pulau Jawa melalui penguas aan…
A. Kota-kota pelabuhan
B. Daerah agraris yang subur
C. Daerah pertambangan
D. Daerah perkebunan
JAWAB: A
16. Factor-faktor yang menyebabkan keberhasilan politik devide et impera Belanda di Indonesia
adalah sebagai berikut, kec uali…
A. Rendahnya kesadaran politik penguasa local Indonesia
B. Rendahnya tingkat pendidikan masyarakat Indones ia
C. Kurang akrabnya hubungan antara penguasa/elit politik dengan rakyat Indonesia
D. Belum terjalin rasa kerjasama yang erat antara penguasa local Indonesia
JAWAB: B
17. Realitas politk di luar negeri yang terkait dengan nasionalisme Indonesia antara lain adalah…
A. Nasionalisme Mesir
B. Kemenangan J epang atas Rusia 1904
C. Revolusi Oktober di Rusia
D. Nasionalkisme Filipina
JAWAB: B
18. Beberapa factor pendorong dicetuskannya Sumpah Pemuda 1928 adalah sbb, k ecuali…
A. Keinginan pemerintah Belanda untuk memerdekakan Indonesia
B. Kes adaran pemuda terpelajar Indonesia untuk merdeka
C. Manifesto politik Perhimpunan Indonesia 1925 di Belanda
D. Kes enjangan ekonomi yang sangat mencolok antara rakyat biasa dan para bangsawan
JAWAB: A
19. Pemimpin politik Indonesia mengadakan kolaborasi dengan Jepang pada mas a penjajahan
Jepang karena Jepang…
A. Merupakan pemimpin Asia
B. Mengetahui kelemahan pemimpin Indonesia
C. Ingin balas budi pada pemimpin Indonesia
D. Menjanjik an k emerdek aan bagi Indonesia
JAWAB: D
20. Demok rasi liberal yang dikembangk an Indones ia pada tahun 1950-1959 dimaksud untuik
menegakkan…
A. Kewibawaan pemerintah
B. Pemerintahan yang efektif
C. Pemerintahan yang efisien
D. Hak asasi manusia
JAWAB: D
21. Pemilu 1955 dilaksanakan dalam ik lim politik ketatanegaraan yang…
A. Oligarkis
B. Demokratis
C. Militeristis
D. Otok ratis
JAWAB: B
22. Dari tinjauan historis pelaksanaan demokrasi terpimpin dilakuk an dengan cara…
A. Merangkul golongan komunis
B. Merangkul Angkatan Udara
C. Merangkul Muhamadiyah dan NU
D. Menyingkirkan Angkatan Darat
JAWAB: A
23. Pada Pemilu 1955, PKI menjadi salah satu partai besar karena…
A. Keterbelakangan pendidikan dan ekonomi rakyat
B. PKI mendapat duk ungan dari pemerintah
C. PKI berhasil merangkul parpol Islam
D. PKI memperoleh dukungan Angkatan Darat
JAWAB: A
24. Kehidupan masyarakat Indonesia dalam perjalanan negara selama stengah abad diwarnai oleh
kesenjangan social ekonomi yang bersumber pada…
A. Hutang luar negri yang terlalu besar
B. Eksploitasi kek ayaan alam oleh bangsa asing
C. Sentralisasi kek uasaan
D. Diskriminasi kesempatan berusaha
JAWAB: D
25. Pemberontakan PKI di Madiun tahun 1948 terjadi karena pemerintahan Hatta…
A. Mengalami konflik dengan Presiden Soekarno
B. Melakuk an penggantian pimpinan Angkatan Perang
C. Mendapat tekanan kek uatan politik dalam negeri dan Belanda
D. Mengalami krisis k euangan
JAWAB: D
KEBIJAKAN PEMERINTAH
1. Kurikulum sekolah selain yang berlaku secara nasional terdapat pula kurikulum yang
disesuaik an dengan tuntutan dan kondisi daerah yang disebut dengan…
A. Kurikulum daerah
B. Kurikulum terpadu
C. Unsure daerah
D. Muatan local
JAWAB: D
2. Badan Pertimbangan Pendidik an Nasional (BPPN) dibentuk dan anggotanya diangk at oleh
Presiden sebagai perwujudan…
A. Lembaga pembantu Pres iden dalam pembangunan bidang pendidikan
B. Pengawasan pemerintah dalam pengendalian mutu pendidikan
C. Lembaga non pemerintah yang bergerak dalam bidang pendidikan
D. Institusi non departmental dalam perumus an kebijak an pendidik an
JAWAB: A
3. Penyelenggaraan EBTANAS pada tingkat SD, SLTP, dan SLTA memberi kontribusi positif
kepada pembangunan sector pendidikan terutama dalam…
A. Upaya pengendalian mutu pendidikan
B. Meningkatk an angka partisipasi pendidik an
C. Mengurangi biaya operasional pendidikan
D. Memeratakan tanaga dan sarana kependidikan
JAWAB: A
4. Berik ut ini bentuk-bentuk perguruan tinggi menurut Undang-undang No. 2 tahun 1989 tentang
Sistem Pendidikan Nasional, kecuali
A. Akademi
B. Politeknik
C. Sek olah tinggi
D. Diploma 1
JAWAB: D
5. Berik ut ini nilai-nilai positif dari uoaya Pemerintah untuk memberi otonomi yang lebih luas
kepada perguruan tinggi negeri terutama untuk …
A. Melepaskan beban pemerintah dalam pendanaan operasional
B. Memacu pertumbuhan ekonomi dan kemak muran rakyat
C. Memacu perkembangan perguruan tinggi yang bersangkutan
D. Meningkatk an peran swasta dalam penyelenggaraan pendidikan
JAWAB: C
6. Pelaksanaan program pendidikan Paket A dan Paket B terutama dimak sudkan dalam rangk a…
A. Mendukung program wajib belajar 9 tahun
B. Meningkatk an k ecerdasan masyarakat
C. Memberikan bekal keterampilan
D. Memberantas buta pengetahuan dasar
JAWAB: D
7. Program Kapal Pemuda ASEAN dan Jepang bermanfaat dalam hal-hal berikut, kecuali…
A. Meningkatk an rasa persaudaraan
B. Menumbuhkan saling pengertian
C. Pertukaran nilai-nilai budaya positif
D. Penghapusan batas-batas budaya
JAWAB: D
8. Kedudukan budaya daerah dalam rangka pembinaan kebudayaan nas ional adalah sebagai…
A. Pelengk ap
B. Pendamping
C. Penunjang
D. Unsur
JAWAB: D
9. Menteri-menteri lingkungan hidup dari Negara-negara anggota ASEAN dewasa ini menggalang
kerjas ama dan memberi perhatian serius dalam mengatas i mas alah bers ama, yakni…
A. Polusi tanah karena limbah plastic
B. Laranagan pemanfaatan kayu tropis
C. Kes adaran rakyat tentang lingkungan
D. Masalah asap dan kebak aran hutan
JAWAB: C
10. Pemindahan penduduk dari satu pulau ke pulau yang lain, yang dik enal dengan program
transmigrasi, akan lebih efektif apabila dilakukan dengan…
A. Peningk atan sarana social
B. Penyediaan lapangan kerja
C. Perumahan yang memadai
D. Pemerataan lapangan k erja
JAWAB: D
11. Dana Jaringan Pengaman Sosial (JPS) yang dis alurkan oleh Pemerintah bertujuan untuk…
A. Menunjang kelancaran pembangunan
B. Mengembangk an desa yang tertinggal
C. Memberantas masalah kemiskinan
D. Mengatasai dampak krisis ekonomiu
JAWAB: D
12. Tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia dalam menyongsong pasaran bebas Asia Pasifik
tahun 2020, harus dijawab terutama dengan…
A. Meningkatk an sumber daya manusia
B. Mengusahakan modal yang memadai
C. Mengolah kekayaan alam yang melimpah
D. Mendapat bantuan teknologi tinggi
JAWAB: A
13. Deregulasi automotif automotif yang dilakukan oleh Pemerintah pertengahan tahun 1999,
diharapkan memberi dampak positif dalam rangka…
A. Menghidupkan pasar mobil yang lesu
B. Meningkatk an jumlah ekspor mobil
C. Membatasi penggunaan mobil impor
D. Memacu pertumbuhan industri mobil
JAWAB: D
14. Pemerintah telah menerbitkan dan menjual obligas i senilai Rp. 157,6 triliun, tujuan utamanya
adalah…
A. Mendorong perkembangan usaha swasta
B. Melunasi hutang perusahaan swasta nasional
C. Menutupi kekurangan anggaran pembangunan
D. Memacu pertumbuhan ekonomi nasional
JAWAB: D
15. Berik ut ini pengaruh positif dari kebijakan k ebebasan pers yang dikeluarkan oleh pemerintah,
kecuali…
A. Unsur budaya asing berk embang pesat
B. Perkembangan ilmu pengetahuan
C. Kebeanian mengek spresikan opini
D. Control masyarakat terhadap pemerintah
JAWAB: A
16. Fraksi-fraksi yang ada di Majelis Permusyawaratan Rak yat merupakan pengelompokk an
anggota yang mencerminkan…
A. Kebijakan pemerintah dalam mengatur lembaga tertinggi Negara
B. Perimbangan k ekuasaan pemerintahan yang disepak ati bersama
C. Pembagian kekuasaan legislative pada tingkat lembaga tertinggi Negara
D. Konfigurasi politik dan pengelompokkan fungsional dalam masyarakat
JAWAB: D
17. Ketetapan MPR No. IV/MPR/1982 tentang Referendum telah dicabut dengan Ketetapan MPR
No. VIII/MPR/1998, karena…
A. Dinilai tidak sesuai dnegan tuntutan Pasal 37 UUD 1945
B. Memberi kekuasaan yang terlalu luas kepada pemerintah
C. Menghambat perubahan yang mendasar terhadap UUD 1945
D. Membuka kemungkinan terhadap perubahan UUD 1945
JAWAB: A
18. Hal yang amat penting diperhatikan dalam pelaksanaan otonomi daerah adalah…
A. Optimalisas i pemanfaatan kekayaan daerah
B. Pelestarian nilai-nilai tradisional di daerah
C. Perencanaan terpadu pembangunan daerah
D. Kuk uhnya persatuan dan kesatuan bangsa
JAWAB: D
19. Keputusan Presiden No. 47 Tahun 1999 menentukan bahwa anggota DPR periode 1997/2000
diberikan pesangon, dengan pertimbangan terutama…
A. Kinerja Dewan yang tinggi dan masa bakti kurang dari 5 tahun
B. Memacu k erja anggota Dewan supaya lebih berprestasi
C. Meningkatk an k ehormatan dan kesejahteraaan anggota Dewan
D. Jasa-jasa anggota Dewan dalam mendukung reformasi
JAWAB: D
20. Tim terpadu yang dibentuk pemerintah untuk mengkaji pemisahan lembaga ek sekuti dan
yudikatif guna mewujudkan lembaga peradilan yang bebas, sebagi c irri utyama dari…
A. Negara hukum
B. Pemerintah demokrasi
C. Kedaulatan rak yat
D. Pemerintah republic
JAWAB: B
21. Kebijak an pemerintah untuk memisahkan kek uasaan eksekutif dan yudikatif bertujuan…
A. Mewujudkan lembaga pengadilan yang mandiri
B. Memudahkan pengawasan terhadap lembaga peradilan
C. Meingk atkan efektivitas penyelenggaraan peradilan
D. Memperlancar penyelenggaraan adminis trasi kehakiman
JAWAB: A
22. Menurut peraturan perundang0undangan yang berlak u, pemberatasan korupsi, kolus i, dan
nepotisme harus dilakukan secara tegas terhadap siapa saja, dengan memperhatikan praduga
tak bersalah, yahki seseorang dianggap tidak bersalah sebelum…
A. Menjadi terdakwa dalam tindak pidana yang dituduhkan
B. Menjadi tersangk a bahwa dia melakukan kesalahan
C. Diperoleh bukti-buk ti yang kuat tentang k esalahannya
D. Berlaku keputusan hakim yang menyatakan bers alah
JAWAB: D
23. Pertahanan dan keamanan bangsa dan Negara, menurut UUD 1945 menjadi tanggung jawab…
A. Pemerintah
B. TNI
C. Warga Negara
D. Rakyat
JAWAB: C
24. Pemisahan Polri dan TNI memiliki tujuan, terutama
A. Meningkatk an k esejahteraan Polri
B. Meningkatk an profesionalis me Polri
C. Mereformasi struktur oirganisasi Polri
D. Mereformasi struktur organisasi TNI
JAWAB: B
25. Peningkatan jumlah personel Kamra didasark an pada pertimbangan, terutama…
A. Kemampuan profeesional Polri
B. Keterbatasan anggota Polri
C. Kerawanan social yang meningkat
D. Mewaspadai ancaman keamanan
JAWAB: D
BEBERAPA KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM
LINGKUP DINAS PENDIDIKAN NASIONAL
Undang-undang
Undang-undang Nomor 20 th 2003
tentang Sistem Pendidikan Nasional
Undang-undang Nomor 2 th 1989
tentang Sistem Pendidikan Nasional
Undang-undang Nomor 22 th 1999
tentang Pemerintahan Daerah
Undang-undang Nomor 43 th 1999
tentang perubahan atas UU no 8 tahun 1974 tentang Pokok-pokok
Kepegawaian
Peraturan Pemerintah
PP 60 tahun 1999
tentang Pendidikan Tinggi dan
PP 61 tahun 1999
tentang Penetapan Perguruan Tinggi Sebagai Badan Hukum
PP 60 : word 97
(147 kb)
penjelasan
(349 kb)
PP 61 : word 97
(69 kb)
penjelasan
(34 kb) - PP 60
dan 61
zip file
(45 kb)
self extracting file
(61 kb) berikut penjelasan pasal demi pasal
PP Nomor 57 th 1998
tentang Perubahan Atas PP 30 th 1990 tentang Pendidikan Tinggi
PP Nomor 55 th 1998
tentang Perubahan Atas PP 28 th 1990 tentang Pendidikan Dasar
PP Nomor 56 th 1998
tentang Perubahan Atas PP 28 th 1990 tentang Pendidikan Menengah
PP Nomor 32 th 1979
tentang Pemberhentian Pegawai Negeri Sipil
Keppres & Inpres
Keppres Nomor 93 th 1999
tentang perubahan IKIP menjadi Universitas
Keppres Nomor199 Tahun 1998
tentang Tunjangan Dosen
Keppres Nomor 68 th 1998
tentang Pembinaan Kursus dan Lembaga Pelatihan Kerja
Inpres No, 6 2001
tentang Pengembangan dan Pendayagunaan Telematika
Kepmen
Kepmendiknas NOMOR 045/U/2002
tentang KURIKULUM INTI PENDIDIKAN TINGGI
Kepmendiknas Nomor 004/U/2002
tentang Akreditasi Program Studi pada Perguruan Tinggi
Kepmendiknas Nomor 184/U/2001
tentang Pedoman Pengawasan - Pengendalian dan Pembinaan
Program Diploma, Sarjana dan Pasca Sarjana di Perguruan Tinggi
Kepmendiknas Nomor 178/U/2001
tentang GELAR DAN LULUSAN PERGURUAN TINGGI
Kepmendiknas Nomor 107/U/2001
tentang PENYELENGGARAAN PROGRAM PENDIDIKAN TINGGI
JARAK JAUH
Kepmendiknas Nomor 234/U/2000
tentang Pedoman Pendirian Perguruan Tinggi
Kepmendiknas Nomor 232/U/2000
tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum dan Penilaian Hasil
Belajar Mahasiswa
Kepmendiknas Nomor 36/D/O/2001
tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Penilaian Angka Kredit
Jabatan Dosen
Kepmendiknas Nomor 042/U/2000
tentang Persyaratan dan Tata Cara Penetapan Perguruan Tinggi
Sebagai Badan Hukum
Keputusan Menko Wasbang PAN
tentang Pelaksanaan Pemeriksaan Pengadaan Barang/Jasa
Kepmendikbud Nomor 036/U/1993
tentang gelar dan sebutan lulusan perguruan tinggi
Kepmendikbud Nomor 222/U/1998
Tentang Pedoman Pendirian Perguruan Tinggi
Kepmendikbud Nomor 188/U/1998
mengenai akreditasi program studi PT untuk program sarjana
Kepmendikbud Nomor 187/U/1998
tentang Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi
Kepmendikbud Nomor 155/U/1998
tentang pedoman umum organisasi kemahasiswaan
SKB Mendikbud dan Ka. BAKN
tentang petunjuk pelaksanaan jabatan fungsional dosen dan angka
kreditnya
Kepmendikbud Nomor 316/U/1998
tentang pengangkatan dan pemberhentian pimpinan perg. tinggi
dan pimpinan fakultas
Kepmendikbud Nomor 223/U/1998
tentang Kerjasama antar Perguruan Tinggi
Perubahan Keputusan Mendikbud tentang syarat dan prosedur WNA untuk menjadi mahasiswa PT di
Indonesia
Surat Menkeu
tentang : Kriteria Mengenai Pengelolaan Dana Non Budgetair
SK Dirjen
SK Dirjen Dikti
tentang perubahan dan peraturan tambahan
SK Dirjen Dikti No : 08/DIKTI/Kep/2002
SK Dirjen Dikti
tentang penyelenggaraan program reguler dan non reguler di perguruan tinggi negeri
SK Dirjen Dikti
tentang Pedoman Pembukaan Program Studi dan/atau Jurusan Berdasarkan Keputusan
Menteri Pendidikan Nasional Nomor 234/U/2000
SK Dirjen Dikti
tentang Penetapan penerima dana hibah program Domestic Colaborative Research
Grant
SK Dirjen Dikti
tentang petunjuk tatacara pengangkatan Pembantu Rektor, Dekan, ....... dst
SK Dirjen Dikti
tentang Petunjuk Pelaksanaan Pembinaan dan Pengawasan Terhadap Program Studi
yang tidak Terakreditasi
SK Dirjen Dikti
mengenai Tindak Lanjut Kepmendikbud Nomor 188/U/1988 tentang Akreditasi Program
Studi pada Perguruan Tinggi untuk Program Sarjana
Edaran & Surat Dirjen
Surat Dirjen Dikti
tentang penundaan pembukaan program studi Kedokteran Umum
Surat Dirjen Dikti
tentang nota kesepahaman antara KPU dan Depdiknas;
Nota kesepahaman
antara KPU
dan Depdiknas
Surat Dirjen Dikti
tentang Penyalahgunaan Kewenangan Pendirian Perguruan Tinggi Swasta: SIU
International University tidak sah (illegal) dan tidak dibenarkan menyelenggarakan pendidikan tinggi.
Surat Dirjen Dikti
: Klarifikasi terhadap pemberitaan di GATRA edisi 20 Desember 2003 kepada Rektor
Universitas Mercu Buana dan Rektor Institut Teknologi Pembangunan Surabaya
Surat Dirjen Dikti
tentang citra perguruan tinggi negeri dan BHMN yang terganggu akibat adanya
pemberitaan media cetak yang mengarah kepada komersialisasi PTN dan BHMN
Surat Dirjen Dikti
tentang Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 017/U/2003 tanggal 7
Februari 2003 tentang Ujian Akhir Nasional Tahun ajaran 2002/2003 dan ketentuan mengenai
penerimaan mahasiswa baru.
Surat Dirjen Dikti
tentang penawaran pendidikan tinggi melalui iklan
Surat Dirjen Dikti
tentang Keteladanan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) sehubungan dengan
perselisihan dan pertikaian antara pihak pimpinan PTS dengan pihak Yayasan secara berkepanjangan
sehingga menurunkan kredibilitas PTS tersebut
Surat Dirjen Dikti
tentang penerimaan mahasiswa baru
Surat Dirjen Dikti
tentang kerjasama Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT)
Surat Dirjen Dikti
tentang Pas photo berjilbab/berkerudung
Surat Dirjen Dikti
tentang Penghentian seluruh kegiatan dengan Royal Melbourne Institute of
Technology (RMIT)
Surat Dirjen Dikti
tentang Tata krama dan kepatutan dalam hal penerimaan mahasiswa baru
Surat Dirjen Dikti
tentang kesediaan PTN dan PT-BHMN untuk menerima calon mahasiswa
pascasarjana yang mendapat beasiswa pemerintah Indonesia
Surat Dirjen Dikti
mekanisme penerimaan mahasiswa baru di PTN
Surat Dirjen Dikti
tentang kelas jauh oleh UGM, Unpad dan ITB
Surat Dirjen Dikti
tentang lembaga penjual gelar.
Surat Dirjen Dikti
kepada pimpinan PTN mengenai daya tampung PTN
Surat Dirjen Dikti
tentang pernyataan Rektor ITB di Kompas dan Media Indonesia
Surat Dirjen Dikti
tentang pemberitaan di media massa tentang pembukaan program studi di
Universitas Jenderal Soedirman yang belum mempunyai ijin
Surat Dirjen Dikti
tentang ketentuan penerimaan mahasiswa asing di PTN
Surat Dirjen Dikti
Persyaratan menulis artikel di Jurnal Ilmiah Terakreditasi untuk kenaikan jabatan
dosen
Surat Dirjen Dikti
tentang rancangan dokumen
"Landasan Implementasi Perguruan Tinggi
sebagai Badan Hukum Milik Negara"
Surat Dirjen Dikti
tentang Kesepakatan para pimpinan PTN untuk tetap menggunakan pola UMPTN
Surat Dirjen Dikti
tentang Evaluasi Status program studi yang telah habis masa
berlakunya
Surat Dirjen Dikti
tentang
Akuntabilitas Perguruan Tinggi Negeri
Surat Dirjen Dikti
tentang Perpindahan Pegawai Negeri Sipil non dosen menjadi dosen di Perguruan
Tinggi dan Perpindahan dosen PNS antar Perguruan Tinggi
Surat Dirjen Dikti
tentang Rekomendasi Pendirian Akademi Bidang Kesehatan yang diselenggarakan
masyarakat.
Pengelolaan Sistem dan Penyelenggaraan
Pendidikan Profesi Bidang Kedokteran
Surat edaran Dirjen Pendidikan Tinggi
Sept 2000 tentang Penyelenggaraan Kelas Jauh format
word97
;
Pembukaan program studi baru dan pendirian perguruan tinggi baru
format
word97
Surat Dirjen Dikti
tentang penerimaan mahasiswa baru sebelum pelaksanaan Ebtanas SMU/SMK
Surat Dirjen Dikti
mengenai pencegahan plagiat
Untuk dapat memenuhi norma kewajaran proses pembelajaran di perguruan tinggi, maka perlu ada
pedoman beban kerja seseorang dosen yang melakukan tugasnya secara penuh waktu (sesuai
lampiran surat ini).
Persyaratan untuk diangkat dalam jabatan Guru Besar
Loncat jabatan fungsional Dosen ke Guru Besar Madya
Surat Sesjen Depdiknas
tentang Program Analisis Jabatan Tahun 2002
Pengumuman Mahasiswa Asing yang akan Belajar di Indonesia dan Pengurusan Visa
Beasiswa di Perguruan Tinggi
Pemanfaatan lahan tidur
Bantuan beasiswa mahasiswa PTN dan PTS
Persyaratan Penilaian Ijazah Luar Negeri
Pedoman Pengajuan Usulan Akreditasi Jurnal Ilmiah
Pedoman umum pemberian beasiswa dan kredit bantuan bagi mahasiswa tidak mampu
Jurnal ilmiah yang telah terakreditasi
Dokumen sekuriti instansi pemerintah dan BUMN/BUMD
yang harus dicetak Perum Peruri
Somasi Bupati Kebumen
pernyataan tidak puas terhadap penyelenggaraan pendidikan "kelas jauh"